Rabu, 21 Agustus 2013

'TOUCH UP' NUMBERS

"Price ain't merely about numbers. It's a satisfying sacrifice.”
― Toba Beta, Master of Stupidity 

Data, Fakta, Statistik, Hasil penelitian menjadi bagian penting dari setiap topik pembicaraan yang disampaikan oleh anda sebagai pembicara. Angka tidak bisa dipisahkan kalau kita mau menggunakan data, fakta, statistik tersebut.

Angka Membosankan
Sebelum adanya era presentasi Steve Jobs, angka sering sekali dipergunakan oleh banyak pembicara dengan membosankan, angka terucap dengan sulit untuk dimengerti oleh audiens yang hadir, angka tidak membuat audiens menyadari bahwa
itu penting untuk diketahui audiens.

Ipod touch ini memiliki kapasitas 32 GB

Gaji Samuel Etoo dalam 1 tahun sebanyak 20 Juta dollar

Kasus korupsi tersebut dianggap merugikan negara sebesar 1 triliun rupiah

Follower twitter SBY saat ini sudah mencapai 1 juta dalam 1 minggu

So what? kira-kira itu bisa dikatakan bagi audiens yang tidak mengerti makna angka yang disampaikan di atas jika tidak sesuai dengan bidang mereka.

Audiens yang tidak mengerti apa itu Ipod, akan tidak mengerti makna 32 GB, audiens yang tidak mengetahui mahkluk apakah twitter itu tidak tersentak dengan 1 juta followers SBY, Gaji Etoo bisa dibuat lebih fantastis jika pembicara mengetahui cara menggunakannya. Begitu juga dengan kasus korupsi 1 triliun memang banyak, namun belum tergambarkan sebanyak apa di hadapan audiens.

Angka Menarik

Steve jobs dalam presentasi ipod membuat angka menjadi menarik dengan mengubah kata dari yang sebenarnya bisa cukup dengan :

"Ipod ini memiliki kapasitas 32 GB" menjadi:

"Ipod ini dapat memuat 10000 musik, 7500 foto, 5000 video, dan dapat anda nikmati hanya dengan benda sekecil ini yang bahkan bisa dimasukan ke dalam kantong"

Dalam hal ini tentu saja audiens yang tidak mengerti tentang 32 GB dapat lebih jelas mengerti, bahkan tertarik untuk membeli Ipod tadi dengan teknik penyampaian seperti tadi.

Bagaimana dengan gaji samuel etoo sebesar 20 Juta dollar tersebut? anda bisa melakukan dengan contoh berikut:

Gaji terbesar pesepakbola bukanlah Messi, Ronaldo atau Ibrahimovic melainkan Samuel Etoo. Etoo mendapat gaji sebanyak 20 juta dollar setahun atau setara dengan 194 Milliar setahun berarti 16.167.000.000 sebulan berarti 4.041.750.000 seminggu berarti 577.393.000 sehari berarti 24.500.000 sejam berarti 400.968 semenit berarti 6.700 per detik atau setiap hembusan nafas. Bekerja dimanakah kita yang bisa seperti etoo yang setiap nafasnya ada harganya jika klub ingin merekrut dia?

Dua teknik tadi bisa kita lakukan untuk angka apapun yang akan kita sampaikan yang disesuaikan dengan audiensnya. karena yang paling penting adalah pesan kita menarik dan dimengerti oleh audiens.

Kalau begitu bagaimana dua contoh kalimat lainnya yang saya sebutkan diatas? Nah kalau itu tugas teman-teman untuk mencoba dengan gayanya masing-masing untuk bermain dengan angka tersebut.

Bagaimana membuat angka jadi menarik?

Teman-teman dapat melakukan ini dengan beberapa tips:

  Membagi angka tersebut kepada pemahaman seluruh audiens 
  Mengilustrasikan angka tersebut kepada pemahaman seluruh audiens
  Menganalogikan angka tersebut dengan bahasa yang dipahami seluruh audiens


Selamat berlatih untuk membuat angka menjadi menarik dalam pesan pembicaraan anda sehingga audiens bukan saja tertarik namun juga mengerti.

Tidak ada komentar: