Jumat, 01 Januari 2010

SENI MERAPIKAN LEMARI PAKAIAN

Tidak terasa tahun 2009 sudah berlalu dengan segala makna kehidupan yang kita alami dan syukuri tentunya, karena toh kita sampai juga di tahun 2010 ini bagaimana dan apapun keadaan kita saat ini. Bagi saya justru tidak terasa sudah berjalan 3 tahun sejak tahun 2007 saya mulai menulis di blog ini, karena satu lain hal yang jelas tidak bisa dijadikan pembenaran.
Goal setting, resolusi, visi atau apapun namanya yang berkaitan dengan “janji” bagi diri kita tentunya masih menggebu di diri kita karena ini tahun baru, termasuk saya. Banyak sekali yang ada di kepala saya bahkan sampai tidak dapat dipetakan atau karena memang saya baru akan belajar tentang mind map. Tapi yang pasti pagi ini saya mendapat pelajaran yang mengatakan bahwa “selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari” yang mengingatkan saya akan salah satu hal yang dikatakan salah satu pembicara terkenal Brian Tracy yang mengatakan bahwa salah satu faktor terbesar penghambat sesorang untuk maju selain tidak berani mencoba adalah virus “someday i’ll”...ya suatu saat saya akan menulis blog lagi, suatu saat saya akan diet lagi, suatu saat saya akan lunasi hutang saya...dan suatu saat lainnya hal dimana selalu saya hadapi dalam keseharian saya.
Hari ini paling tidak saya sudah melakukan 2 hal yang sering saya katakan “someday i’ll dan hanya mengeluh ketika akibat dari saya tidak melakukan itu”. Yang pertama adalah kembali membangun hubungan secara pribadi dengan Tuhan dan yang kedua adalah hal yang memang paling saya hindari yakni merapikan lemari pakaian saya, terdengan jauh sekali memang antara kedekatan dengan Tuhan dan rapihkan pakaian, tapi justru dalam seni merapihkan lemari pakaian saya bisa belajar banyak.
Informasi awal saja bahwa di dalam kamar saya ada 3 lemari dengan 3 ukuran yang entah bagaimana semuanya tetap full berisikan pakaian dan ada sebagian memang yang berisi buku walaupun dalam beberapa bulan sekali pasti ada yang saya bagikan kepada orang-orang yang menginginkan dan membutuhkannya. Tapi baru hari ini saya dapat melihat bahwa merapihkan lemari pun ada pelajaran yang bisa diambil:

1. MENGELUARKAN PAKAIAN
2. MELIPAT PAKAIAN
3. MEMISAHKAN PAKAIAN
4. MENEMPATKAN PAKAIAN SESUAI JENIS FUNGSI DAN WARNA dan MENGATUR LETAK
5. MENYUSUN KEMBALI PAKAIAN

MENGELUARKAN PAKAIAN
Langkah ini bagi saya adalah yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan, kita tinggal menarik dan memindahkan pakaian yang ada di dalam lemari kemudian menempatkannya di tempat dimana nanti kita akan manatanya kembali. Akan ada pakaian yang akan begitu mudahnya kita lemparkan namun ada juga yang kita pindahkan dengan hati-hati karena pakaian tersebut masih terlipat rapih atau paling tidak masih berbentuk lipatan;)
Timbul dalam pemikiran saya hei bukankah hidup seperti ini?ada saatnya kita “mengeluarkan dari dalam diri kita untuk kita tata kembali?”karena pasti ada sesuatu dalam diri kita yang ternyata sudah kusut ada yang masih keliatan lipatannya dan ada juga yang masih rapih”. Tinggal kita lihat yang manakah yang dominan dalam hidup kita?yang pasti semakin banyak yang kusut semakin kita bekerja keras untuk merapihkannya atau bahkan kalau perlu membuangnya

MELIPAT PAKAIAN
Tibalah ke bagian yang selalu semangat pada awalnya namun lama kelamaan menjadi sesuatu yang membosankan dan mengesalkan (setidaknya bagi saya). Melihat pakaian saya di lemari dan yang diluar lemari saking malasnya saya menempatkan ke dalam lemari, terlihat lebih banyak yang kusut daripada yang masih terlipat dengan rapih, artinya?semakin perlu waktu dan kesabaran bagi saya untuk melipat kembali. Kembali kepada kehidupan saya melihat juga di tengah berkat yang saat ini sedang Tuhan berikan pada saya, justru ironisnya saya menyadari banyak sekali kekusutan dalam hidup saya yang harus saya segera tata dan benahi lagi;hubungan dengan Tuhan,hubungan dengan keluarga, hubungan dengan pengendalian diri sendiri itulah yang harus segera saya benahi dan saya pasti akan benahi;

MEMISAHKAN PAKAIAN
Setelah melipat pakaian-pakaian yang membuat saya berkeringat saatnya saya memisahkan mana dari pakaian tersebut yang harus saya pisahkan untuk saya bagikan ke orang lain, untuk saya buang dan untuk saya tawarkan bagi yang masih menginginkan pakaian tersebut, dan luar biasa saya hitung ada sekitar 80pcs dari berbagai macam pakaian yang tidak akan saya bawa masuk lagi ke dalam lemari sepanjang 2010 ini...Tapi anehnya kok tetap penuh ya lemarin nya???
Saya belajar bahwa ada bagian dari kebiasaan hidup saya yang tidak bisa saya bawa lagi di dalam diri sepanjang 2010 ini, hal-hal seperti menunda waktu, hanya banyak ide namun tidak ada aksi, kata-kata kasar, emosi, dll.

MENEMPATKAN PAKAIAN SESUAI JENIS DAN WARNA DAN MENGATUR LETAKNYA
Dan inilah Pakaian yang akan saya izinkan masuk kedalam lemari saya di tahun 2010 ini, lucu memang tidak semua pakaian tersebut bisa saya gunakan,namun karena koleksi, sejarah, pemberian dll sehingga mereka masih bisa saya bawa di tahun ini. Tapi tidak baik tentunya kalau saya tidak pisahkan dulu pakaian-pakaian tersebut secara fungsi misalnya pakaian olahraga saya, pakaian rumah saya, pakaian kerja saya dan itupun masih terlihat berantakan jika warna-warna yang sama atau senada sebisa mungkin saya satukan. Setelahnya baru saya letakan dalam posnya masing-masing di lemari
Setelah meninggalkan bagian kehidupan saya di tahun 2009 menuju 2010 ini saya menyadari apa yang akan saya bawa sekarangpun perlu ditempatkan sesuai fungsi dan tujuan masing-masing. Bagaimana saya membawa diri saya kepada Tuhan, kepada orang lain, pekerjaan, pergaulan dsb yang kesemuanya itu untuk meringankan berat yang ada di lemari kehidupan saya dan menjadikan pakaian yang akan saya gunakan sepanjang 2010dalam setiap keadaan yang saya hadapi menjadi seseorang yang lebih baik dan menjalankan fungsi sebagaimana Sang Pencipta telah mendesain kita di dunia ini, karena saya tidak ingin “seperti kuda yang tidak berakal, yang kegarangannya harus dikendalikandengan tali les dan kekang, yang kalau tidak dengan itu, ia tidak akan mendekati engkau”. May God bless u all, hv a great Journey @2010

Rvs ©02012010

Tidak ada komentar: